Review Jurnal
|
NAMA
|
INKE NUR EAST BORNEO
|
|
NIM
|
35151007
|
|
MATA KULIAH
|
PENGANTAR ANIMASI KOMPUTER
|
|
Judul
|
EKSPERIMENTASI
PENGGUNAAN MEDIA KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN LOGARITMA
DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA KOTA SURAKARTA
|
|
Jurnal
|
Jurnal Pendidikan Matematika
|
|
Volume dan Halaman
|
Vol. 1 No. 1 Juli – Desember 2013, pp.
1-8
|
|
Tahun
|
2017
|
|
Penulis
|
Arif Ganda Nugroho
|
|
Sumber
|
|
Tujuan
|
Tujuan
dari jurnal ini ialah, untuk mengetahui :
1.
Apakah pembelajaran
matematika dengan media pembelajaran macromedia flash 8 menghasilkan
prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada pembelajaran dengan
media powerpoint
2.
Apakah motivasi belajar tinggi
akan memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik dibandingkan
dengan motivasi belajar sedang, motivasi belajar sedang lebih baik daripada
motivasi belajar rendahdan motivasi belajar tinggi lebih baik daripada
motivasi belajar rendah.
3.
Apakah ada interaksi antara media
pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap prestasi belajar.
|
|
Latar Belakang Masalah
|
Di
zaman yang saat ini banyak perubahan pada dunia, terutama perubahan dalam
teknologi. Kemajuan teknologi telah membawa perubahan pesat dalam peradaban
manusia. Dan komputer merupakan salah satu bentuk dari kemajuan di bidang
ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam sektor pendidikan, pemanfaatan komputer
sudah berkembang sebagai alternatif dalam pemilihan media pembelajaran. Salah
satunya adalah pemanfaatan software macromedia flash 8 di dalam pembelajaran
Matematika.
|
|
Identifikasi Masalah
|
Matematika
merupakan pelajaran yang bersifat abstrak, sehingga dituntut kemampuan guru
untuk dapat mengupayakan media pembelajaran yang tepat sesuai dengan tingkat
perkembangan mental siswa. Banyak sekali guru matematika yang menggunakan
waktu pelajaran dengan kegiatan membahas tugas-tugas lalu memberi pelajaran
baru, dan memberi tugas pada siswa. Pembelajaran di atas rutin dilakukan
hampir tiap hari sehingga dapat dikategorikan sebagai 3m, yaitu membosankan, membahayakan,
dan merusak seluruh motivasi belajar siswa. Sebagai akibatnya, siswa kurang
termotivasi untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang
berkaitan dengan pelajaran matematika
|
|
Metode Penelitian
|
Menggunakan
penelitian eksperimen semu. Yaitu Pengambilan sampel yang dilakukan dengan
stratified cluster random sampling. yaitu metode pengumpulan data yang berupa
metode dokumentasi, angket, dan tes. Instrumen penelitian adalah tes prestasi
belajar matematika sejumlah 25 butir soal dan angket motivasi belajar siswa
sejumlah 40 butir soal.
|
|
Hasil Penelitian
|
Dari
hasil penelitian ditemukan bahwa prestasi belajar siswa yang menggunakan
media pembelajaran macromedia flash 8 memiliki prestasi yang lebih baik jika
dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran
powerpoint. Dengan demikian dalam proses pembelajaran dengan menggunakan
media pembelajaran macromedia flash 8 dapat dengan mudah membangkitkan
motivasi belajar siswa dan merangsang siswa untuk aktif dalam proses
pembelajaran dan tidak memperkecil arti pokok pembelajarannya, tetapi justu
membantu memperjelasnya.
Dan
dengan media pembelajaran macromedia flash 8 dapat menggambarkan secara nyata
contoh penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Dan penggunaan media
pembelajaran macromedia flash 8 yang sebelumnya belum pernah dilakukan oleh guru,
dapat menimbulkan daya tarik tersendiri untuk siswa sehingga siswa
termotivasi di dalam belajar matematika.
Dan
penggunaan media pembelajaran macromedia flash 8 dan media pembelajaran
powerpoint juga memberikan prestasi belajar siswa yang lebih baik. Begitu
pula dengan motivasi belajar siswa yang memberikan prestasi belajar yang
baik, semakin tinggi motivasi belajar siswa maka semakin baik pula prestasi
belajar siswa yang didapat.
|
|
Kesimpulan
|
Jadi
dapat disimpulkan bahwa :
Pembelajaran
dengan menggunakan media pembelajaran macromedia flash 8 menghasilkan
prestasi belajar matematika yang lebih baik jika dibandingkan dengan
menggunakan media pembelajaran powerpoint pada pokok bahasan logaritma siswa Kelas
X SMA SSN Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011.
Dan
juga prestasi belajar siswa dengan motivasi belajar tinggi lebih baik
daripada prestasi belajar siswa dengan motivasi belajar sedang, prestasi
belajar siswa dengan motivasi belajar sedang lebih baik daripada prestasi belajar
siswa dengan motivasi belajar rendah, dan prestasi belajar siswa dengan
motivasi belajar tinggi lebih baik daripada prestasi belajar siswa dengan
motivasi belajar rendah pada pokok bahasan logaritma siswa Kelas X SMA SSN
Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011.
|
|
Kelebihan Penelitian
|
Teori dan model analisis yang diguakan
tepat. Dan bahasa yang digunakan oleh penulis juga mudah dipahami
maksud dan tujuannya oleh pembaca. Juga alat yang digunakan dalam penelitian
berupa kuesioner cukup mudah digunakan oleh subjek penelitian
|
|
Kekurangan Penelitian
|
Penulis kurang lengkap dalam
menyimpulkan keseluruhan isi dari jurnal. Dan penulis kurang detail dalam
memberikan hasil yang didapat dalam melakukan penelitiannya.
|
Komentar
Posting Komentar