Review Jurnal


NAMA
INKE NUR EAST BORNEO
NIM
35151007
MATA KULIAH
PENGANTAR ANIMASI KOMPUTER


Judul
EKSPERIMENTASI PENGGUNAAN MEDIA KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN LOGARITMA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA KOTA SURAKARTA
Jurnal
Jurnal Pendidikan Matematika
Volume dan Halaman
Vol. 1 No. 1 Juli – Desember 2013, pp. 1-8
Tahun
2017
Penulis
Arif Ganda Nugroho
Sumber

Tujuan
Tujuan dari jurnal ini ialah, untuk mengetahui :
1.     Apakah pembelajaran matematika dengan media pembelajaran macromedia flash 8 menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada pembelajaran dengan media powerpoint
2.    Apakah motivasi belajar tinggi akan memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik dibandingkan dengan motivasi belajar sedang, motivasi belajar sedang lebih baik daripada motivasi belajar rendahdan motivasi belajar tinggi lebih baik daripada motivasi belajar rendah.
3.    Apakah ada interaksi antara media pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap prestasi belajar.

Latar Belakang Masalah
Di zaman yang saat ini banyak perubahan pada dunia, terutama perubahan dalam teknologi. Kemajuan teknologi telah membawa perubahan pesat dalam peradaban manusia. Dan komputer merupakan salah satu bentuk dari kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam sektor pendidikan, pemanfaatan komputer sudah berkembang sebagai alternatif dalam pemilihan media pembelajaran. Salah satunya adalah pemanfaatan software macromedia flash 8 di dalam pembelajaran Matematika.
Identifikasi Masalah
Matematika merupakan pelajaran yang bersifat abstrak, sehingga dituntut kemampuan guru untuk dapat mengupayakan media pembelajaran yang tepat sesuai dengan tingkat perkembangan mental siswa. Banyak sekali guru matematika yang menggunakan waktu pelajaran dengan kegiatan membahas tugas-tugas lalu memberi pelajaran baru, dan memberi tugas pada siswa. Pembelajaran di atas rutin dilakukan hampir tiap hari sehingga dapat dikategorikan sebagai 3m, yaitu membosankan, membahayakan, dan merusak seluruh motivasi belajar siswa. Sebagai akibatnya, siswa kurang termotivasi untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan pelajaran matematika
Metode Penelitian
Menggunakan penelitian eksperimen semu. Yaitu Pengambilan sampel yang dilakukan dengan stratified cluster random sampling. yaitu metode pengumpulan data yang berupa metode dokumentasi, angket, dan tes. Instrumen penelitian adalah tes prestasi belajar matematika sejumlah 25 butir soal dan angket motivasi belajar siswa sejumlah 40 butir soal.
Hasil Penelitian
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa prestasi belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran macromedia flash 8 memiliki prestasi yang lebih baik jika dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran powerpoint. Dengan demikian dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran macromedia flash 8 dapat dengan mudah membangkitkan motivasi belajar siswa dan merangsang siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran dan tidak memperkecil arti pokok pembelajarannya, tetapi justu membantu memperjelasnya.
Dan dengan media pembelajaran macromedia flash 8 dapat menggambarkan secara nyata contoh penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Dan penggunaan media pembelajaran macromedia flash 8 yang sebelumnya belum pernah dilakukan oleh guru, dapat menimbulkan daya tarik tersendiri untuk siswa sehingga siswa termotivasi di dalam belajar matematika.
Dan penggunaan media pembelajaran macromedia flash 8 dan media pembelajaran powerpoint juga memberikan prestasi belajar siswa yang lebih baik. Begitu pula dengan motivasi belajar siswa yang memberikan prestasi belajar yang baik, semakin tinggi motivasi belajar siswa maka semakin baik pula prestasi belajar siswa yang didapat.
Kesimpulan
Jadi dapat disimpulkan bahwa :
Pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran macromedia flash 8 menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik jika dibandingkan dengan menggunakan media pembelajaran powerpoint pada pokok bahasan logaritma siswa Kelas X SMA SSN Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011.
Dan juga prestasi belajar siswa dengan motivasi belajar tinggi lebih baik daripada prestasi belajar siswa dengan motivasi belajar sedang, prestasi belajar siswa dengan motivasi belajar sedang lebih baik daripada prestasi belajar siswa dengan motivasi belajar rendah, dan prestasi belajar siswa dengan motivasi belajar tinggi lebih baik daripada prestasi belajar siswa dengan motivasi belajar rendah pada pokok bahasan logaritma siswa Kelas X SMA SSN Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011.
Kelebihan Penelitian
Teori dan model analisis yang diguakan tepat. Dan bahasa yang digunakan  oleh penulis juga mudah dipahami maksud dan tujuannya oleh pembaca. Juga alat yang digunakan dalam penelitian berupa kuesioner cukup mudah digunakan oleh subjek penelitian
Kekurangan Penelitian
Penulis kurang lengkap dalam menyimpulkan keseluruhan isi dari jurnal. Dan penulis kurang detail dalam memberikan hasil yang didapat dalam melakukan penelitiannya.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Transformasi

PERAN PGRI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

PRINSIP DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BELAJAR