RPP Statistika Magang II
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Disusun Sebagai Salah Satu
Tugas Terstruktur Yang Diwajibkan
Dalam Mengikuti
Perkuliahan MAGANG II
Oleh:
KELOMPOK 8
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN
MATEMATIKA
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA
UTARA
MEDAN
2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Matematika
Pokok Bahasan :
Statistika
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
I.
Standar Kompetensi
1.1. Melakukan pengolahan dan penyajian data
II.
Kompetensi Dasar
2.1. Menyajikan data berkelompok dalam bentuk tabel.
III.
Indikator
3.1. Menentukan
nilai rata-rata, median, dan modus dari data berkelompok dalam bentuk tabel..
IV.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
4.1. Menentukan
nilai rata-rata, median, dan modus dari data dalam bentuk tabel.
v Karakter siswa yang diharapkan:
Religius, Jujur, Kreatif,
Mandiri, Disiplin, dan Rasa Ingin
Tahu
V.
Materi Ajar
Menentukan
nilai rata-rata, median, dan modus.
a.
Data Berkelompok
Jika data disajikan
dalam tabel distribusi frekuensi seperti tabel di bawah ini.
Tinggi Badan
|
Frekuensi
|
119-127
|
3
|
128-136
|
6
|
137-145
|
10
|
146-154
|
11
|
155-163
|
5
|
164-172
|
3
|
173-181
|
2
|
Jumlah
|
|
Untuk menghitung nilai
rata-rata, kalikan titik tengah interval dengan frekuensi pada masing-masing
interval kelas.
Tinggi Badan (T)
|
Titik Tengah ()
|
Frekuensi ()
|
Titik Tengah × Frekuensi ()
|
Frekuensi kumulatif (F)
|
119-127
|
123
|
3
|
369
|
3
|
128-136
|
132
|
6
|
792
|
9
|
137-145
|
141
|
10
|
1410
|
19
|
146-154
|
150
|
11
|
1650
|
30
|
155-163
|
159
|
5
|
795
|
35
|
164-172
|
168
|
3
|
504
|
38
|
173-181
|
177
|
2
|
354
|
40
|
Jumlah
|
|
|
|
-
Mean
Rumus mean untuk data
berkelompok:
Keterangan:
= titik tengah kelas
= frekuensi
Jadi, mean dari data
tersebut:
-
Modus
Frekuensi tertinggi
terletak pada interval kelas 146-154.
Tepi bawah kelas
modusnya adalah 145,5.
Rumus modus:
Keterangan:
= tepi bawah kelas modus
= frekuensi kelas modus dikurangi dengan
frekuensi kelas sebelumnya.
= frekuensi kelas modus dikurangi dengan
frekuensi kelas sesudahnya.
= panjang interval kelas
Dari data tersebut
diperoleh:
Jadi, modus dari data
tersebut:
-
Median
Untuk menghitung
median, gunakan rumus:
= tepi bawah kelas yang memuat median
= banyaknya data
= jumlah frekuensi sebelum kelas median
= frekuensi kelas yang memuat median
= panjang interval kelas
Dari data tersebut
diperoleh:
Kelas median pada
interval 146-154.
Jadi, median data
tersebut:
VI.
Model dan Metode
Pembelajaran
6.1. Strategi Pembelajaran Kontekstual
6.2.Model Pembelajaran Jigsaw
6.3.Metode Pembelajaran Ceramah, Diskusi
kelompok
VII. Kegiatan Pembelajaran:
STRUKTUR
|
KEGIATAN GURU
|
KEGIATAN SISWA
|
Pendahuluan
(7 Menit)
|
1.Memberi salam sebelum
memulai pelajaran.
2. Mengabsensi kehadiran dengan
menyebut nama siswa dan mempersiapkan siswa mengikuti pembelajaran.
3. Memaparkan materi yang akan di
pelajari, serta tujuan pembelajaran nya.
|
Membalas ucapan salam dari guru
Mengangkat tangan kanan untuk
menunjukkan kehadirannya.
Mendengarkan.
|
Kegiatan Inti
(30 Menit)
|
1. Menyampaikan materi serta memberikan contoh soal tentang bentuk penyajian data
berkelompok serta operasi hitung untuk menentukan mean, median
dan modus dalam suatu data yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
2. Mengelompokkan siswa menjadi beberapa kelompok dan memberikan soal
yang berkaitan dengan kehidupan
sehari hari untuk menentukan mean, median, modus
3. Mengarahkan kelompok agar setiap
siswa memahami sub bagian-bagian tertentu pada soal yang diberikan.
4. Membentuk kelompok baru dari
kelompok yang telah tebentuk dengan mengelompokkan siswa yang mendapat sub
bagian-bagian yang sama (Kelompok ahli) dan meminta mendiskusikannya.
5. Memfasilitasi siswa untuk kembali ke kelompok awal dan
menunjuk salah satu siswa dari kelompok awal untuk mempresentasikan hasil diskusinya
di papan tulis sesuai sub soal yang didiskusikanya dalam kelompok ahli.
|
Mendengar dan mengikuti prosedur
pembelajaran dan bertanya
Membentuk kelompok dan
mendiskusikan soal secara berkelompok.
Membagi tugas pada tiap anggota
kelompoknya dan tiap siswa memahami sub bagian-bagian tertentu.
Membentuk kelompok baru (kelompok
ahli) dan mendiskusikan sub bagian-bagian soal secara berkelompok.
Kembali kekelompok awal dan siswa
yang ditunjuk mampu untuk mempresentasikannya didepan kelas.
|
Penutup
(8
menit)
|
1. Menanyakan serta membantu memberi
kesimpulan pelajaran dari materi yang telah dpelajari.
2. Memberikan PR tentang materi yang telah di
pelajari sebagai penguatan dan juga penilaian
3. Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan yang akan datang.
|
Mendengarkan dan menyimpulkan dari
inti kegiatan.
Mencatat tugas yang di
sampaikan
Mendengarkan.
|
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP NIP
Komentar
Posting Komentar