RPP Statistika Magang II



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Disusun Sebagai Salah Satu Tugas Terstruktur Yang Diwajibkan
Dalam Mengikuti Perkuliahan MAGANG II

Oleh:

KELOMPOK 8







 











PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA
MEDAN
2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran            : Matematika
Pokok Bahasan           : Statistika
Alokasi Waktu            : 1 x 45 menit
I.       Standar Kompetensi
1.1. Melakukan pengolahan dan penyajian data
II.    Kompetensi Dasar
2.1. Menyajikan data berkelompok dalam bentuk tabel.
III.  Indikator
3.1. Menentukan nilai rata-rata, median, dan modus dari data berkelompok dalam bentuk tabel..
IV.    Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
4.1. Menentukan nilai rata-rata, median, dan modus dari data dalam bentuk tabel.
v  Karakter siswa yang diharapkan:  Religius, Jujur, Kreatif, Mandiri, Disiplin, dan Rasa Ingin Tahu
V.       Materi Ajar
Menentukan nilai rata-rata, median, dan modus.
a.       Data Berkelompok
Jika data disajikan dalam tabel distribusi frekuensi seperti tabel di bawah ini.
Tinggi Badan
Frekuensi
119-127
3
128-136
6
137-145
10
146-154
11
155-163
5
164-172
3
173-181
2
Jumlah

Untuk menghitung nilai rata-rata, kalikan titik tengah interval dengan frekuensi pada masing-masing interval kelas.
Tinggi Badan (T)
Titik Tengah ()
Frekuensi ()
Titik Tengah × Frekuensi ()
Frekuensi kumulatif (F)
119-127
123
3
369
3
128-136
132
6
792
9
137-145
141
10
1410
19
146-154
150
11
1650
30
155-163
159
5
795
35
164-172
168
3
504
38
173-181
177
2
354
40
Jumlah


-          Mean
Rumus mean untuk data berkelompok:
Keterangan:
 = titik tengah kelas
 = frekuensi
Jadi, mean dari data tersebut:
-          Modus
Frekuensi tertinggi terletak pada interval kelas 146-154.
Tepi bawah kelas modusnya adalah 145,5.
Rumus modus:
Keterangan:
 = tepi bawah kelas modus
 = frekuensi kelas modus dikurangi dengan frekuensi kelas sebelumnya.
 = frekuensi kelas modus dikurangi dengan frekuensi kelas sesudahnya.
 = panjang interval kelas
Dari data tersebut diperoleh:
Jadi, modus dari data tersebut:
-          Median
Untuk menghitung median, gunakan rumus:
 = tepi bawah kelas yang memuat median
 = banyaknya data
 = jumlah frekuensi sebelum kelas median
 = frekuensi kelas yang memuat median
 = panjang interval kelas
Dari data tersebut diperoleh:
Kelas median pada interval 146-154.
Jadi, median data tersebut:

VI.       Model dan Metode Pembelajaran
6.1. Strategi Pembelajaran Kontekstual
6.2.Model Pembelajaran Jigsaw
6.3.Metode Pembelajaran Ceramah, Diskusi kelompok
VII. Kegiatan Pembelajaran:
STRUKTUR
KEGIATAN GURU
KEGIATAN SISWA
Pendahuluan
(7 Menit)







1.Memberi salam sebelum memulai pelajaran.
2. Mengabsensi kehadiran dengan menyebut nama siswa dan mempersiapkan siswa mengikuti pembelajaran.
3. Memaparkan materi yang akan di pelajari, serta tujuan pembelajaran nya.
Membalas ucapan salam dari guru

Mengangkat tangan kanan untuk menunjukkan kehadirannya.


Mendengarkan.


Kegiatan Inti

(30 Menit)

















    










1. Menyampaikan materi serta memberikan contoh soal tentang bentuk penyajian data berkelompok serta operasi hitung untuk menentukan mean, median dan modus dalam suatu data yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
2. Mengelompokkan siswa menjadi beberapa kelompok dan memberikan soal yang berkaitan dengan kehidupan sehari  hari untuk menentukan mean, median, modus
3. Mengarahkan kelompok agar setiap siswa memahami sub bagian-bagian tertentu pada soal yang diberikan.
4. Membentuk kelompok baru dari kelompok yang telah tebentuk dengan mengelompokkan siswa yang mendapat sub bagian-bagian yang sama (Kelompok ahli) dan meminta mendiskusikannya.
5. Memfasilitasi siswa untuk kembali ke kelompok awal dan menunjuk salah satu siswa dari kelompok awal untuk mempresentasikan hasil diskusinya di papan tulis sesuai sub soal yang didiskusikanya dalam kelompok ahli.
Mendengar dan mengikuti prosedur pembelajaran dan bertanya





Membentuk kelompok dan mendiskusikan soal secara berkelompok.

Membagi tugas pada tiap anggota kelompoknya dan tiap siswa memahami sub bagian-bagian tertentu.
Membentuk kelompok baru (kelompok ahli) dan mendiskusikan sub bagian-bagian soal secara berkelompok.


Kembali kekelompok awal dan siswa yang ditunjuk mampu untuk mempresentasikannya didepan kelas.
Penutup
(8      menit)
1. Menanyakan serta membantu memberi kesimpulan pelajaran dari materi yang telah dpelajari.
2. Memberikan PR tentang materi yang telah di pelajari sebagai penguatan dan juga penilaian 
3. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan yang akan datang.
Mendengarkan dan menyimpulkan dari inti kegiatan.

Mencatat tugas yang di sampaikan


Mendengarkan.




Kepala Sekolah                                                                                   Guru Mata Pelajaran




NIP                                                                                                     NIP




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Transformasi

PERAN PGRI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

PRINSIP DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BELAJAR